...

Photobucket

Selasa, 10 Juni 2008

KARL MARX

Pernah dengar nama ini? Orang ekonomi pasti tau Bapak berjanggut satu ini. Pria Jerman yang mempertahankan prinsipnya untuk membela orang kecil, orang miskin tepatnya. Pakar ekonomi yang luar biasa hebat tapi anehnya justru dia sendiri lebih miskin dari gembel. Kok bisa? Justru dari kemiskinan itulah lahir perhitungan2 mengagumkan yang sekaligus ditakuti oleh kaum kapitalis. Yaitu dimana dia menuntut hak2 rakyat miskin atas hak2 mereka utk mendapatkan upah yang sesuai.

Cukup soal ekonominya sodara2, karena ssaya bukan orng yang banyak tau ttg ekonomi. Yang ingin saya tuangkan adalah semangat dan usaha Oom Marx dalam idupnya. Banyak orang bilang Marx itu atheis, PKI katanya. Saya pernah sedikit membaca sedikit ttg Karl Marx, dan dari bacaan itu saya akhirnya tau bagaimana seorang Karl Marx sanpai disebut atheis alis PKI, tidak bertuhan, apa iya???

Menurut hemat sayajustru orng2 yang menginjak2 prinsip2 Marx lah yang tidak bertuhan. Maksud saya prinsip2 hidup Marx itu pada dasarnya sangat berTuhan. coba anda bayangkan dia dipecat dari smua perusahaannya dan hidup sangat amat miskin skali banget deh... gara2 memperjuangkan nasib buruh2 yang tertindas oleh kaum pemilik modal ataw biasanya kita sebut kaum kapitalis.

Marx percaya pada Tuhan dan menurut saya dia sangat Islami. Yang saya tau dia berjihad dengan seluruh hidupnya bahkan hingga dai mati. Tidak percaya? Silakan telusuri sendiri sejarah hidupnya dan tolong renungkan dalam2.

Anak2nya mati kelaparan dan gak ada yang sanggup nolong dia Guys... gar2 apa? Gara2 dia membeberkan hak2 yang seharusnya diterima oleh para buruh. Tapi kemiskinan bukan menjadi penghalang untuk berhenti berjuang. Dia terus menulis. Dsn alhasil dia dianggap menyalahi dan berbahaya bagi birokrasi termasuk pihak gereja pada saat itu. Jadilah dia dikeluarkan dari gereja dan jadi atheis, tidak bertuhan. Benar Marx tidak punya Tuhanseperti Tuhannya orng2 kapitalis. Tuhan Marx hanya 1 Tuhan semesta alam. Sedangkan para kapitalis menyembah Tuhan2 mereka yaitu Uang dan kedudukan. Tidak percaya??? Silakan cari tau ttg kapitalisme.

Demi Tuhan walaupun Oom Marax tidak atau belu mungkin mengucapkan kalimat syahadat, tapi semangat Ilahiah yang ia punya tidak kalah dengan orang2 besar muslim di dunia ini. Malulah kita sebagai orang muslim tapi malah memilih Tuhannya orang kapitalis. Malulah kita, orang Islam, tapi tidak perduli pada sodara kita yang tertindas.

Renungkanlah Brur... kita masih hidup dan masih punya byk waktu utk perduli pada diri kita dan orng lain di sekitar kita.

Tidak ada komentar: